Blog

7 Keuntungan Bepergian Naik Kereta Api

Siapa sih yang tidak mengenal kereta api? Ya, moda transportasi yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat dan bahkan menjadi favorit sejak lama untuk perjalanan jarak jauh, baik perjalanan bisnis, mudik ke kampung halaman, hingga opsi kendaraan untuk travelling.

7 Keuntungan Traveling Naik Kereta Api

Buat kalian yang ragu untuk naik kereta api, berikut saya sampaikan 7 keuntungan yang bisa didapatkan.

  1. Bisa melayani banyak rute

Jalur kereta api di Indonesia, terutama di pulau Jawa mempunyai banyak rute kota-kota besar maupun kota kecil. Bahkan, banyak ibukota kabupaten yang bisa kalian singgahi jika menggunakan kereta api sebagai moda transportasi.

Banyak pilihan kota sudah pasti bisa membuat kalian lebih mudah bepergian ke satu kota ke kota lainnya. Misalnya kalau kemarin saya dari Bandung ke Kebumen lalu ke Madiun, hal itu bukanlah sesuatu yang susah.

  1. Harga tiket lebih terjangkau

Mungkin kalian berpikir kalau harga tiket kereta api sangat mahal? Salah besar! Justru menurut saya, harga tiket kereta api sangat terjangkau dan pasti murah di kantong. Perjalanan jauh berpuluh bahkan ratusan kilometer bisa ditempuh mulai harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja.

Harga tiket juga cenderung lebih stabil dan jarang sekali terkena pengaruh musim liburan. Bahkan, jika kalian membeli tiket secara online di sejumlah e-commerce, sering kali mendapat diskon atau cashback. Hihi, untung banget kan?

  1. Pasti bebas macet

Keuntungan lain yang bisa kamu dapat kalau naik kereta api adalah ketepatan waktu. Jarang sekali kereta api molor waktu tempuhnya, apalagi dengan naik kereta kalian akan terhindar dari kemacetan di sejumlah titik. Nggak perlu lagi ngomel karena perjalanan melelahkan akibat kemacetan panjang, bukan?

  1. Fasilitas cukup memadai

Kalau bicara masalah harga tentu juga nggak bisa lepas dari fasilitas. Dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang didapat para penumpang juga lengkap. Mulai dari single seat, semua gerbong ber-AC, adanya gerbong restorasi, toilet yang bersih, sampai makanan dan minuman yang bisa kamu beli langsung dengan harga murah.

Kereta api jarak jauh menyediakan beberapa kelas seperti ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Tiap kelas sudah pasti memiliki fasilitas yang bertingkat meskipun sama. Kalau saya sih, lebih suka naik bisnis atau ekonomi, selain murah fasilitasnya juga sudah sangat oke.

  1. Fleksibel dan seru

Kalau naik pesawat meskipun jaraknya jauh, sering kali kita nggak bisa bebas melakukan apa saja. Berbeda dengan kereta di mana kita masih bisa melakukan aktivitas yang jauh lebih menyenangkan.

Berdasarkan pengalaman, saya bisa jalan-jalan keliling gerbong bahkan main kartu bareng teman-teman. Tapi, pastikan kalian ingat waktu dan situasi juga ya supaya tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

  1. Aman dan nyaman

Dulu, banyak anggapan kalau kereta api tidak aman dan nyaman. Namun, sekarang sudah jauh berbeda lho. Kamu bisa merasakan perjalanan yang aman karena ada banyak petugas yang berjaga. Juga nyaman karena banyak fasilitas yang tersedia sampai dengan leganya kapasitas bagasi yang bisa kalian gunakan untuk memuat barang-barang.

  1. Pemandangan yang beragam di perjalanan

Salah satu bonus lain dari naik kereta api adalah pemandangan sepanjang perjalanan. Sepengalaman saya, ada berbagai bentang alam yang bisa dilihat, mulai dari sawah, hutan, keadaan kota, pegunungan, bahkan pantai. Saking banyaknya pemandangan yang bisa dilihat, udah pasti bakal seru deh pengalaman kalian!