Blog

Ketahui Nama-Nama Baik Untuk Buah Hati

Bagi pasangan suami istri yang telah menikah, mempunyai keturunan adalah salah satu momen yang sangat dinantikan. Tak sedikit dari pasangan suami istri yang berusaha untuk memperoleh keturunan dengan cara yang dianjurkan. Pada masa kehamilan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh orang tua, salah satunya ialah nama bayi. Memberi nama pada bayi sendiri ada cara dan petunjuknya, sehingga nantinya nama yang diberikan kepada bayi dapat menjadi berkah dan doa yang baik untuk perkembangan anak kedepannya.

 

Memberi nama pada bayi merupakan suatu kewajiban bagi orang tua. Memberi nama yang baik juga dianjurkan oleh syariat yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Nama yang baik nantinya digunakan oleh anak sebagai pengenal dan doa. Nah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan nama pada bayi. Let’s check these out!

 

Hal Yang Diperhatikan Dalam Memberi Nama Buah Hati

Pada saat memberi nama bayi, hendaklah memperhatikan beberapa cara yang dapat menjadi panduan orang tua berikut ini:

 

  1. Beri nama yang baik bagi anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, memberikan nama kepada bayi dengan nama yang baik ialah kewajiban. Mengapa? Karena dengan nama yang baik nantinya diharapkan menjadi doa yang baik pula untuk kehidupan si kecil di masa mendatang. Adapun nama-nama yang baik dapat diambil dari nama-nama Allah maupun nama Nabi dan Sahabat. Nama yang mengandung agama diharapkan dapat mendekatkan anak kepada ajaran agamanya.

 

  1. Tidak menggunakan nama yang buruk

Pada saat memberikan nama, sebaiknya jangan memberikan nama dengan arti yang buruk kepada bayi. Hindarkan penggunaan nama dengan arti yang buruk kepada bayi. Karena arti yang buruk dikhawatirkan dapat berpengaruh pada kehidupan si anak ketika di dunia atau kelak nantinya di akhirat. Guna menghindari nama-nama yang mengandung arti buruk, ada baiknya orang tua mencari referensi tentang nama-nama yang baik untuk anak nantinya.

 

  1. Perhatikan waktu pemberian nama pada anak

Dalam sebuah riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah SAW memberikan nama anaknya sesaat setelah anaknya lahir ke dunia. Adapun waktu yang baik dalam pemberian nama kepada bayi yakni ketika hari kelahiran hingga hari ketujuh dari lahirnya anak. Hal tersebut merupakan sunnah yang dianjurkan oleh ajaran Nabi.

 

Nama-Nama Buah Hati Yang Baik

Setelah mengetahui tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memberikan nama kepada bayi, berikut beberapa referensi nama-nama bayi yang dapat diambil untuk dijadikan nama yang baik bagi buah hati.

 

  • Anak perempuan
  1. Khansa : arti dari nama Khansa ialah perempuan cantik yang berhidung mancung. Referensi yang cocok untuk nama Khansa yakni Khansa Nabila yang berarti perempuan terhormat, baik hati dan hidungnya mancung
  2. Hafiza : arti nama dari Hafiza ialah pelindung. Adapun referensi nama yang cocok untuk Hafiza yakni Hafiza Mahdia yang berarti perempuan yang dibimbing oleh Allah pada kebaikan dan juga mampu melindungi orang yang disayangi.
  • Anak laki-laki
  1. Basyir : arti nama Basyir ialah penyampai berita yang bahagia. Adapun referensi nama yang cocok dengan Basyir yakni Latif Basyir yang artinya pemuda yang lembut yang menyampaikan berita bahagia.
  2. Azam : arti nama Azam yakni sesuatu yang bersifat agung. Referensi yang pas untuk nama Azam yakni Azam Muwaffaq yang artinya laki-laki yang agung yang disertai dengan kesuksesan.

 

Demikian tadi beberapa referensi nama bayi dan juga hal yang diperhatikan dalam pemberian nama untuk bayi. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.